Daya Tarik Profesi Awak Kabin

Daya Tarik Profesi Awak Kabin

Daya Tarik Profesi Awak Kabin

 

Mungkin terlintas dalam benak pikiran anda Apa sih yang menjadi Daya Tarik Profesi Awak Kabin seperti pramugari dan pramugara? Bagi orang yang tidak menyukai pekerjaan yang monoton dengan setiap hari bekerja di belakang meja kantor, mungkin bisa jadi tertarik dengan pekerjaan sebagai awak kabin (pramugari dan pramugara). Oleh karena itu, pekerjaan sebagai awak kabin ini memungki

nkan seseorang setiap hari bekerja di beberapa tempat yang berbeda. Pada pagi hari berada di Jakarta, siang harinya berada di Manado, sore harinya berada di Makassar dan malam harinya berada di Bali, bahkan dalam laman salah satu penerbangan terkenal di dunia yaitu Qatar Airways dalam lamanya QatarAirways.com disebutkan: “Dinner in Paris, Lunch in New York, Breakfast in Montreal”.

Selain bisa melakukan perjalanan secara gratis atau bekerja sambil jalan-jalan berkeliling kota-kota besar di Indonesia ataupun kota-kota besar di berbagai negara, daya tarik lain dari profesi awak kabin ini adalah penghasilanya yang didapat relatif lebih tinggi dibandingkan dengan profesi lain pada job entry level yang hanya mensyaratkan ijazah SMA. Perlu di ketahui maskapai penerbangan internasional seperti: Saudi Arabian Airlines, Qatar Airways, Etihad dan Emirates salah satu persyaratan sebagai awak kabin mereka minimum lulusan SMA.

Mengutip dari laman cabincrewexcellence.com, rata-rata gaji bulanan dari awak kabin yunior (junior flight attendant) kurang lebih sekitar USD.600,- (sekitar Rp.8 juta) sampai USD.1.150,- (sekitar Rp.15 juta) itu pun belum termasuk uang disaat terbang dalam mengemban tugas keluar dari homebase (istilah: per diem on layovers) dan juga pembayaran jam saat terbang (istilah: block hour pay). Disebutkan bahwa standar gaji awak kabin yunior di maskapai Etihad Airways sebesar kurang lebih USD.600 (sekitar Rp.8 juta),lalu di maskapai Saudi Arabian Airlines sebesar USD.850 (sekitar Rp.11 juta), selanjutnya di maskapai Emirates sebesar USD.1.100 (sekitar 14 juta rupiah) dan di lain yaitu maskapai Qatar Airways sebesar USD.1.150 (sekitar 15 juta rupiah).Maskapai milik negara tetangga yaitu Singapore Airlines bahkan menyatakan paket penghasilan bulanan dari awak kabinnya sekitar SGD.4.500 (sekitar Rp.43 juta) hingga SGD.5.000 (sekitar Rp.48 juta), begitu menggiurkan bukan?

Persyaratan Umum Awak Kabin

Maskapai penerbangan nasional maupun internasional selalu mensyaratkan hal-hal berikut ini sebagai persyaratan umum untuk mendaftar dan mengikuti seleksi & rekrutmen sebagai calon awak kabinnya sebagaimana tertulis di masing-masing laman dari maskapai Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, Emirates, Etihad dan Qatar Airways, yaitu:

  1. Jenis kelamin: Wanita dan Pria.
  2. Belum pernah menikah (untuk maskapai Garuda Indonesia Airways).
  3. Usia: minimal 18 tahun dan maksimum 27 tahun (untuk maskapai Garuda Indonesia Airways), minimal 18 tahun (untuk maskapai Singapore Airlines dan Cathay Pacific), minimal 21 tahun (untuk maskapai Emirates, Etihad dan Qatar Airways).
  4. Tinggi Badan: minimal 160 cm dan maksimal 172 cm (untuk maskapai Garuda Indonesia Airways), minimum 158 cm bagi wanita (untuk maskapai Singapore Airlines), minimal 160 cm (untuk maskapai Emirates).
  5. Jangkauan Tangan (dalam istilah: Arm Reach): untuk maskapai Cathay Pacific = 208 cm, untuk maskapai Etihad = 210 cm, sedangkan untuk maskapai Emirates dan Etihad = 212 cm.
  6. Tidak menggunakan kacamata dan lensa kontak diperkenakan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C-1.00 (untuk maskapai Garuda Indonesia Airways).
  7. Tidak memiliki tato di tubuh yang terlihat (untuk maskapai Emirates dan Etihad).
  8. Tidak memiliki body piercingkecuali sepasang anting-anting di telinga untuk wanita (untuk maskapai Etihad).
  9. Pendidikan terakhir: SMA/SMK sederajat (untuk maskapai Garuda Indonesia Airways, Cathay Pacific, Emirates, Etihad dan Qatar Airways), D3 dan Sarjana (untuk maskapai Singapore Airlines).
  10. Memiliki keberanian di air dan mampu berenang dengan pelampung (untuk maskapai Etihad).
  11. Tidak memiliki catatan criminal (untuk maskapai Etihad).
  12. Berpenampilan menarik dengan berat badan yang ideal.
  13. Sehat jasmani maupun rohani.
  14. Mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik dan diutamakan yang memiliki kemampuan 1 (satu) bahasa asing lainnya.
  15. Bersedia bekerja di berbagai tempat (kota dan negara) yang ditentukan oleh pihak maskapai sebagai homebase.

Baca juga : Lama Pendidikan Sekolah Penerbangan

 

Daftar online only via www.karirpenerbangan.com

 

Pilihan Kampus :

Jakarta – Jogja – Lampung – Makassar

 

IG : @karirpenerbangan

Konsultasi WA akan lebih cepat respond :

Kak Ayu  0856 2581 883.

Kak Nova 0852 2333 3338.

Kak Lala 0822 5579 7559

 

Sukses adalah bertemunya KESIAPAN DAN KESEMPATAN.

Salam Penerbangan Indonesia

 

#pspp #pspppenerbangan #sekolahpenerbangan #sekolahpramugari #sekolahavsec #sekolahstaffpenerbangan #karirpenerbangan

Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    WhatsApp Konsultasi sekarang